Penjelasan Lengkap Dimensi Ideologi Terbaru




Penjelasan Lengkap Dimensi Ideologi Terbaru


Pancasila merupakan ideologi terbuka, memiliki maksud bahwa Pancasila ini bersikap terbuka mampu untuk berinteraksi dengan perkembangan zaman yang terjadi secara dinamis.  Pancasila sebagai idelogi terbuka memiliki fleksibilitas atau kelenturan dalam beradaptasi dengan perkembangan zaman yang cukup bagus, seperti memberi suatu rangsangan agar timbul pemikiran pemikiran baru yang relevan dan tidak menyimpang dari nilai-nilai dasar yang terdapat pada Pancasila.

Menurut Dr. Alfian, seorang ahli politik Indonesia, Pancasila memenuhi syarat sebagai ideologi terbuka yang sifatnya luwes dan tahan terhadap perubahan zaman karena di dalamnya mengandung tiga dimensi ideologi, yaitu: 

1. Dimensi Realitas 

Dimensi realita memiliki arti bahwa nilai – nilai ideologi itu bersumber dari nilai-nilai yang riil hidup di dalam masyarakat Indonesia. Kelima nilai dasar Pancasila itu kita temukan dalam suasana atau pengalaman kehidupan masyarakat bangsa kita yang bersifat kekluargaan, kegotong-royongan atau kebersamaan. 

Bila dilihat dari dimensi realitas maka ideologi juga memiliki makna bahwa nilai nilai dasar yang terkandung di dalamnya bersumber dari nilai nilai hidup yang ada di dalam masyarakat, terutama pada saat ideologi itu lahir. Dan berdasarkan itu maka masyarakat akan benar benar menghayati dan merasakan bahwa nilai nilai dasar dari ideologi itu tertanam dan berakar di masyarakatnya.

2. Dimensi Idealitas 

Maksud dari dimensi idealitas adalah bahwa suatu ideologi perlu mengandung cita-cita yang ingin dicapai dalam berbagai bidang kehidupan. Nilai-nilai yang terkandung dalam ideologi Pancasila merupakan nilai-nilai yang di cita-citakan dan ingin diwujudkan. 

Dengan idealisme atau cita cita yang dihayati tersebut, kita akan mengetahui ke arah mana kehidupan mereka ingin membangun kehidupan bersama. Idealisme tersebut seyogyanya berisi harapan harapan yang masuk di akal. Maka ideologi bisa berhasil untuk menjadikan dirinya sebagai landasan sekaligus tujuan di dalam membangun berbagai bidang kehidupan, seperti kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.


3. Dimensi Fleksibilitas 

Seperti yang saya singgung di atas, bahwa dimensi idealitas itu artinya bahwa nilai-nilai yang yang terkandung dalam Pancasila bersifat fleksibel karena dapat dikembangkan dan disesuaikan dengan tuntutan perubahan. Ideologi berasal dari kata ideo yang artinya cita-cita dan logy berarti pengetahuan, ilmu dan paham. 


Sumber :



*Untuk download di pintukos, hindari menggunakan UCbrowser, karena bisa jadi link download bisa error.

Post a Comment

0 Comments