Pengertian, Makna, Fungsi Serta Dimensi Ideologi Pancasila


1. PENGERTIAN IDEOLOGI



>>KARL MAX
Ideologi adalah kesadaran palsu, karena ideologi adalah suatu hasil pemikiranyang diciptakan oleh pemikirnyayang ditentukan oleh kepentingannya.

>>MUHAMMAD ISMAIL
Ideologi adalah kumpulanide, gagasan, atau akidahyang melahirkan aturan-aturan dalam kehidupan.


>>NAPOLEON
Ideologi adalah keseluruhan pemikiran politik serta jugarival-rivalnya.


PENGERTIAN IDEOLOGI

Suatu kumpulan gagasan, ide-ide dasar, keyakinan serta kepercayaan yang bersifat sistematis dengan arah dan tujuan yang hendak dicapai dalam kehidupan nasional suatu bangsa dan negara. Istilah ideologi berasal dari kata 'idea' (inggris) yang berarti gagasan, konsep, pengertian dasar, cita-cita; dan kata 'logi' yang dalam bahasa Yunani logos artinya ilmu atau pengetahuan.


2. MAKNA IDEOLOGI

Pada hakikatnya, ideologi merupakan suatu hasil refleksi manusia berkat kemampuannya mengadakan pengembangan terhadap dunia. Ideologi mencerminkan dan menjadi pembimbing cara berpikir masyarakat, bangsa, dan negara dan mengarahkan masyarakat menuju cita-citanya.

Pancasila sebagai ideologi mempunyai makna sebagai berikut:
  • Nilai-nilaiyang tercantum dalam Pancasila menjadi cita-cita normatif penyelenggaraan bernegara.
  • Nilai-nilaiyang tercantum dalam Pancasila merupakan nilaiyang disepakati bersama dan oleh karena itu menjadi salah satu sarana pemersatu (integrasi) masyarakatIndonesia.

3. DIMENSI IDEOLOGI

  • DIMENSI REALITASE : Nilai-nilai dasaryang terkandung di dalamnya bersumber dari nilai-nilai riil (nyata) yang hidup dalam masyarakat.
  • DIMENSI IDEALISE : Mengandung cita-cita yang ingin di capai dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.
  • DIMENSI FLEKSIBELITAS : Nilai-nilai ideologi dapat di kembangkan dan di sesuaikan dengan tuntutan perubahan.

4. FUNGSI IDEOLOGI


STRUKTUR KOGNITIF
Merupakan landasan untuk memahami segala kejadian yang terjadi disekitarnya dan dapat mempengaruhi kebijakan-kebijakan yang ada dalam negaranya.

ORIENTASI DASAR

Berfungsi untuk menentukan suatu arah dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara. Suatu negara wajib mempunyai suatu ideologi agar dapat melangsungkan kehidupan bernegara.

PEDOMAN NORMA
Negara-negara yang berideologi berpegang teguh terhadap norma-norma yang menjadi pedoman dalam berbangsa dan bernegara sehingga seseorang dapat terarah dalam bertingkah laku.

IDENTITAS DIRI

Identitas nasional Indonesia yang membedakannya dengan bangsa-bangsa lain salah satu di antaranya adalah adanya ideologi Pancasila sebagai dasar filsafat, pandangan hidup, kepribadian, dan dasar negara.

MENCAPAI TUJUAN
Ideologi juga berfungsi untuk mendorong dan menyemangati seseorang untuk mencapai suatu tujuan. Oleh karena itu, ideologi adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam mewujudkan cit-cita negara tersebut.

SUMBER EDUKASI

Selain lima diatas, ideologi berfungsi sebagai sumber pendidikan bagi seseorang atau masyarakat untuk memahami, menghayati, serta mempolakan tingkah lakunya sesuai dengan orientasi dan norma-norma yang terkandung didalamnya.

Post a Comment

0 Comments