Pengertian Geostrategi dan Konsep Ketahanan nasional

Baca Juga

Peta konsep geostrategi
Gambar : Peta konsep geostrategi


1. Pengertian Geostrategi

Berasal dari kata Geo yang berarti Bumi, dan Strategi diartikan sebagai usaha dengan menggunakan segala kemampuan atau sumber daya baik SDM maupun SDA untuk melaksanakan kebijakan yang telah ditetapkan.

Pada Awalnya Geostrategi diartikan sebagai geopolitik untuk kepentingan militer atau perang. Di Indonesia Geostrategi diartikan sebagai metode untuk mewujudkan cita-cita proklamasi, sebagaimana tercantum dalam UUD 1945 melalui proses pembangunan nasional. 

Karena tujuan itulah maka menjadi doktrin pembangunan dan diberi nama ketahanan nasional. Mengingat geostrategi Indonesia memberikan arahan tentang bagaimana membuat strategi pembangunan guna mewujudkan masa depan yang lebih baik, dan lebih aman, sehingga bangsa Indonesia perlu memiliki Geostrategi untuk mewujudkan cita-cita

3. Tujuan Geostrategi di Indonesia

Menyusun dan mengembangkan potensi kekuatan nasional baik yang berbasis pada aspek Ideologi, politik, sosial budaya, bahkan aspek-aspek alamiah dan Menunjang tugas pokok pemerintah Indonesia dalam :
  • menegakkan hukum dan ketertiban 
  • Terwujudnya kesejahteraan dan kemakmuran
  • Terselenggaranya pertahanan dan keamanan
  • Terwujudnya keadilan hukum dan keadilan sosial
  • Tersedianya kesempatan rakyat untuk mengaktualisasikan diri


4. Pengertian konsep ketahanan nasional

Konsep Ketahanan Nasional Adalah konsisi kehidupan nasional yang harus diwujudkan dengan pembinaan sejak dini, sinergik dan kontinue, dimulai secara pribadi kemudian didalam lingkungan keluarga selanjutnya dalam suatu daerah dan yang terpenting dapat diwujudkan secara nasional.

Sejak Proklamasi 17 Agustus 1945, kehidupan Bangsa Indonesia tidak luput dari   gejolak dan ancaman baik dari dalam maupun dari luar negeri yang dapat       membahayakan eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), seperti :

  • Agresi Militer Belanda.
  • Gerakan Separatis : PKI, DI/TII dan lain-lain.
  • Ditinjau dari geopolitik dan geostrategis dengan posisi geografis
Negara Indonesia adalah negara hukum bukan berdasarkan kekuasaan belaka,     dan ke semuannya ditunjukan untuk menjaga ketertiban seluruh masyarakat Indonesia.Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai UUD 1945 sebagaikonsutitusinya, dimana system pemerintahan negara tertuang di dalamnya.Sehingga kondisi kehidupan nasional merupakan pencerminan ketahanan Nasional yang didasarioleh :

  1. Pancasila sebagai landasan idiil.
  2. UUD 1945 sebagai landasan konstitusionil.
  3. Wawasan Nusantara sebagai landasan visional.

5. Asas Asas konsep ketahanan nasional

Pengertian dari asas kethanan nasional itu adalah tata laku yang didasari nilai yang berlaku di Pancasila UUD 1945 serta wawasan nusantara. Menurut Lemhanas (Lembaga Ketahanan Nasional) asas-asas tersebut adalah :

  1. Asas Kesejahteraan dan Keamanan
  2. Asas Komperhensif / menyeluruh terpadu
  3. Asas Kekeluargaan


6. Sifat dan fungsi ketahanan nasional

Sifat dari Ketahanan Nasional adalah :
  1. Mandiri 
  2. Dinamis 
  3. Manunggal 
  4. Wibawa 
  5. Konsultasi dan Kerjasama

Fungsi dari Ketahanan Nasional adalah :
  • Sebagai doktrin dasar nasional, untuk menjamin terjadinya pola pikir, pola sikap, pola tindak, dan pola kerja dalam menyatukan langkah bangsa baik yang bersifat inter-regional, inter-sektoral maupun multi disiplin.
  • Sebagai pola dasar pembangunan nasional, pada hakikatnya merupakan arah dan pedoman dalam pembangunan nasional di segala bidang dan sektor pembangunan secara terpadu, yang dilakukan sesuai rancangan program.
  • Sebagai metode pembinaan kehidupan nasional, merupakan suatu metode integral yang mencakup seluruh aspek dalam kehidupan Negara yang dikenal sebagai asta gatra yang terdiri dari aspek alamiah seperti geografi, kekayaan alam dan penduduk dan aspek social budaya seperti ideology, politik, social budaya,   perthanan dan keamanan.

7. Konsep dasar Geostrategi di Indonesia

Konsep Dasar Geostrategi Indonesia pada hakekatnya  bukan mengembangkan kekuatan untuk penguasaan terhadap wilayah di luar Indonesia atau untuk ekspansi terhadap negara lain,

tetapi konsep strategi yang didasarkan pada kondisi metode, atau cara untuk mengembangkan potensi kekuatan nasional yang ditujukan untuk pengamanan dan menjaga keutuhan kedaulatan Negara Indonesia dan pembangunan nasional dari kemungkinan gangguan yang datang dari dalam maupun dari luar negeri.

Untuk mewujudkan geostrategis Indonesia akhirnya dirumuskan Bangsa Indonesia dengan Ketahanan Nasional Republik Indonesia.

8. Perkembangan konsep Geostrategi di Indonesia

Konsep geostrategi Indonesia pertama kali dilontarkan  oleh Bung Karno pada tanggal 10 Juni 1948 di Kotaraja. Namun sayangnya gagasan ini kurang dikembangkan oleh para pejabat bawahan, karena seperti yang kita ketahui wilayah NKRI diduduki oleh Belanda pada akhir Desember 1948, sehingga kurang berpengaruh.

Dan akhirnya, setelah pengakuan kemerdekaan 1950 garis pembangunan politik berupa “ Nation and character and building “ yang merupakan wujud tidak langsung dari geostrategi Indonesia yakni sebagai pembangunan jiwa bangsa

Post a Comment

0 Comments