Pengertian dan Contoh Dari Cluster Computing


Apa itu Cluster Computer?

Cluster computer adalah suatu sistem perangkat keras dan perangkat lunak yang menggabungkan beberapa komputer dalam suatu jaringan dimana komputer tersebut dapat bekerjasama dalam pemrosesan suatu masalah. Dari penggabungan beberapa komputer dalam satu jaringan tentu komputer tersebut dapat menghasilkan kecepatan yang sangat tinggi dalam prosesnya.

Adapun komponen yang terdapat pada cluster computer adalah :
  • Node,sistem komputer terdiri dari beberapa node paling sederhananya terdiri atas dua node. node disini adalah komputer yang mandiri artinya mampu memproses tugas komputasi tanpa node lain. 
  • Sistem operasi yang mendukung jaringan kumputer.
  • Cluster middleware ,perangkat yang memungkinkan node yang ada bisa saling bekerjasama. 
  • Aplikasi yang mendukung pemindahan tugas .

Jenis-jenis Cluster computer  

  • High Availability Cluster 
  • High Performance Computing Cluster 
  • Load balancing Cluster 

Tujuan pembuatan Cluster computer

  1. High availability Cluster : pada sistem ini cluster dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan unjuk kerja komputasi dengan memecahkan tugas tugas ke beberapa node.
  2. Load Balancing : tujuannya untuk membagi operasi node ke node lain sehingga semua operasi tertangani dengan baik dan sebuah node tidak mempunyai Load yang berlebihan.
  3. High availability Cluster : sistem ini bertujuan agar sebuah layanan dapat terus tersedia tidak terhalang oleh SPOF (single poin of failur, komponen sistem yang yang jika gagal beroperasi mengakibatkan tidak tersedia ,contohnya kerusakan pada server,kerusakan HDD dll.

Manfaat dari Cluster computer

  1. Mengurangi biaya 
  2. Pengolahan power : yang artinya kekuatan pemrosesan paralel dari cluster kinerja tinggi dalam banyak kasus ,terbukti biaya lebih efektif daripada mainframe dengan kekuatan yang sama harga lebih rendah per unit daya memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan ROI yang lebih besar dari anggaran IT mereka. 
  3. Peningkatkan jaringan teknologi : Driving pengembangan cluster komputer telah mengalami kemajuan besar dalam teknologi yang berhubungan dengan jaringan bersama dengan penurunan harga teknologi tsb. 
  4. Skalabilitas : mungkin keuntungan terbesar dari cluster komputer adalah skalabilitasnya .cluster komputer dapat dengan mudah di perluas sebagai perubahan persyaratan dengan menambahkan node tambahan ke jaringan . 
  5. Ketersediaan : ketika komputer mainframe gagal,seluruh sistem gagal dan jika sebuah node dalam sebuah cluster komputer gagal, operasi bisa dengan sederhana di transfer ke node lain dalam cluster.memastikan bahwa tidak ada gangguan dalam pelayanan.

Contoh Penerapan Cluster Computing

Di seluruh dunia sudah banyak diterapkan Cluster Computing dalam berbagai di bidang kehidupan. Seperti misalkan di salah satu perguruan tinggi di Jerman, yaitu Technischen Universitat Chemnitz, yaitu menerapkan Large Linux Cluster untuk keperluan riset dan industry.

Hal lainnya adalah pembuatan sejumlah distribusi (distro) sistem operasi Linux dan komputer server berbasis Linux yang dapat digunakan oleh siapapun dalam untuk mengemplementasikan Cluster Computing menggunakan sistem operasi Linux sesuai dengan kebutuhan. 

Beberapa contoh sebagai berikut:
  • Knoppix Cluster 
  • Beuwolf Cluster 
  • Kentucky Linux Athlon Testbed 
  • Open Source Cluster Application Resources 
  • MOSIX 
  • ITB Bosscha cluster computing


*Untuk download di pintukos, hindari menggunakan UCbrowser, karena bisa jadi link download bisa error.

Post a Comment

0 Comments