Pengertian dan tujuan Pendidikan Kewarganegaraan


Apa itu Kewarganegaraan?

Pengertian kewarganegaraan secara umum adalah sesuatu hal yang berhubungan dengan warga negara dengan negara. Dalam bahasa Inggris, kewarganegaraan dikenal dengan kata citizenship, artinya keanggotaan yang menunjukkan hubungan atau ikatan antara negara dengan warga negara.
Sedangkan pengertian warga negara adalah penduduk sebuah negara atau bangsa yang berdasarkan keturunan, tempat kelahiran, dan sebagainya mempunyai kewajiban dan hak penuh sebagai seorang warga negara dari negara itu (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia pasal1 angka (1) pengertian warga negara adalah warga suatu negara yang ditetapkan berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Pengertian Kewarganegaraan Menurut Para Ahli

Berikut merupakan beberapa definisi dan pengertian kewarganegaraan menurut para ahli, baik peneliti Indonesia atau pun peneliti luar negeri beserta penjelasan lengkapnya.

Graham Murdock
Menurut Graham Murdock pada tahun 1994, kewarganegaraan adalah suatu hak agar dapat ikut serta maupun berpartisipasi secara utuh didalam berbagai pola stuktur sosial, politik dan juga kehidupan kultural agar dapat menciptakan seseuatu hal yang baru selanjutnya karena dengan begitu akan membentuk ide-ide yang besar.
Soemantri
Menurut Soemantri, pengertian kewarganegaraan ialah sesuatu yang memiliki keterkaitan atau hubungan antara manusia sebagai individu di dalam suatu perkumpulan yang tertata dan terorganisir dalam hubungannya dengan negara yang bersangkutan.
Stanley E. Ptnord dan Etner F. Peliger
Definisi kewarganegaraan merupakan sebuah ilmu atau studi mengenai tugas dan kewajiban pemerintahan serta hak dan kewajiban seorang warga negara.
Wiyanto Dwijo Hardjono, S.Pd.
Menurut Wiyanto Dwijo Hardjono, pengertian pendidikan kewarganegaraan ialah keanggotaan seseorang dalam satuan politik tertentu (secara khusus negara) yang dengannya membawa hak untuk dapat berprestasi dalam suatu kegiatan politik di negara tersebut.
Ko Swaw Sik
Pengertian kewarganegaraan menurut Ko Swaw Sik adalah ikatan hukum diantara negara beserta seseorang yang disebut warga negara. Ikatan atau hubungan tersebut menjadi suatu kontrak politik yang mana sebuah negara tersebut memiliki hukum tata negara dan kedaulatan yang diakui masyarakat dunia. kewarganegaraan disini merupakan bagian dalam konsep kewargaan.
R. Daman
Pengertian kewarganegaraan menurut R. Daman adalah istilah hal-hal yang berhubungan dan berkaitan dengan penduduk dalam suatu bangsa.

Tujuan pendidikan kewarganegaraan 

Adapun tujuan Pendidikan kewarganegaraan adalah untuk dapat mewujudkan warga negara sadar bela negara dengan berlandaskan pemahaman politik kebangsaan, serta kepekaan dalam mengembangkan jati diri dan juga moral bangsa dalam perikehidupan berbangsa.

Standar isi pendidikan kewarganegaraan ialah pengembangan :

  • Nilai-nilai cinta tanah air;
  • Kesadaran berbangsa &bernegara;
  • Keyakinan terhadap Pancasila yang merupakan ideologi negara;
  • Nilai-nilai demokrasi, HAM dan lingkungan hidup;
  • Kerelaan berkorban untuk masyarakat, bangsa, & negara, dan juga, 
  • Kemampuan awal bela negara.

SafelinkU | Shorten your link and earn money
*Untuk download di pintukos, hindari menggunakan UCbrowser, karena bisa jadi link download bisa error.

Post a Comment

0 Comments