Biografi Pelukis Indonesia BASUKI ABDULLAH (1915-1993)


Siapa Itu Basuki Abdullah?

Basuki Abdullah dilahirkan di Surakarta, Jawa Tengah pada tanggal 25 Januari 1915. Ia sangat dikenal sebagai pelukis potret dan lukisan-lukisannya bergaya " Realis Naturalis ".  

Di dalam melukis Basuki Abdullah banyak merekam obyek wanita-wanita cantik, keluarga  kerajaan, kepala negara. Disamping terkenal sebagai "pelukis potret" yang ulung, Basuki  Abdullah juga banyak melukis pemandangan alam, flora, fauna, tema-tema perjuangan, dan lain-lain.

Beberapa karyanya antara lain adalah, "Baliness Beauty"," Kakak dan Adik", "Keluarga Kuda",
"Jatayu vs Dasamuka" yang menggambarkan pertempuran garuda Jatayu melawan Dasamuka untuk merebut Dewi Shinta istri Sang Rama dari tangan Dasamuka. Basuki Abdullah wafat tahun 1993.

"Jatayu vs Dasamuka"

Berjemur di Matahari


Baliness Beauty

Ia gemar melukis tokoh-tokoh pergerakan, antara lain Mahatma Gandhi. Basuki mulai mengembara tahun 1947. Mula-mula ia belajar melukis di Akademi Seni Lukis Negeri Belanda, kemudian Italia, dan Prancis. 

Dari 42 tahun bermukim di luar negeri, 20 tahun dihabiskannya di Negeri Belanda, dan 17 tahun di Muangthai. Basuki berhasil menyunting gadis Thai. Pulang ke Jakarta, ia membawa serta istri Thai-nya, diangkat Presiden Soekarno sebagai pelukis Istana Merdeka. 

Tahun 1961, ia diundang Raja Muangthai, Bhumibol Adulyadej, untuk melukis Raja dan istrinya, Ratu Sirikit, hingga ia menjadi pelukis istana di Bangkok. Dua tahun kemudian, ia menerima anugerah Bintang Poporo sebagai Seniman Istana Kerajaan.


*Untuk download di pintukos, hindari menggunakan UCbrowser, karena bisa jadi link download bisa error.

Post a Comment

0 Comments