Begini Cara Dapatkan Ide Untuk Membuat Konten Youtube!

Untuk membuat sebuah channel youtube, kita perlu memiliki sebuah ide agar youtube kita banyak dikunjungi oleh para pengguna. Jangan asal-asalan mengupload konten video youtube jika tidak mau channel kita sepi. Kita perlu merencanakan video apa yang akan kita upload sebelum memproduksinya lalu mengunngah ke akun youtube kita.

Nah, dikesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit tips cara mendapatkan ide dengan mudah untuk sebuah konten youtube. Penasaran kan? cekidot :

1. Buat konten berdasarkan Hobi anda

kalian pasti punya hobi bukan? entah hobi main musik, membaca, nonton drama korea, sepakbola, fotografi, dan lain sebagainya, kalian pasti bisa kok membuat konten dengan ide dari hobi kalian masing-masing.

    Bahkan jika kalian hobi bermain game, kalian juga bisa memanfaatkan nya dengan membuat video tutorial atau video rekomendasi game, tips, trik, video kamu lagi main game, dan sebagainya. Kalau hobi kamu suka memasak, kamu juga bisa membuat tutorial memasak, yang hobi dandan bisa buat tutorial makeup dan masih banyak lagi.


2. Ide dari keahlian dan pengalamanmu

Kamu jago dalam suatu hal? Nah, dari keahlian itu kamu bisa kok membuat channel youtube. Misalkan nih, kamu jago dalam desain maka kamu bisa membuat sebuah channel youtube tentang tutorial seputar desain.

Lewat video-video, kamu bisa mengajarkan keterampilan desain ke orang lain. Atau kamu punya pengalaman sukses dalam membangun bisnis. Nah, tentunya kamu bisa membagikan pengalaman bisnismu lewat video di youtube.


3. Lihat video-video atau berita yang sedang trending dan populer

Yang pasti kita harus update berita terkini ya, untuk melihatnya di youtube, kamu tinggal klik menu trending, maka akan muncul berita apa saja yang sedang trending hari itu.

Nah, dengan melihat video-video trending tersebut kita bisa mengolahnya menjadi sebuah video baru yang dibumbui dengan kreatiftas kita.

4. Video rekaman layar komputer atau ponsel

Kalau video jenis ini kalian tidak perlu nongol di video kalian, biasanya hanya suara kalian aja yang dibutuhkan hehe. Yang ditampilkan dalam video ini adalah rekaman aktifitas layar komputer maupun ponsel kalian, seperti apa? ya kayak tutorial instalasi software, editing, dan masih banyak lagi.

banyak software yang dapat kalian gunakan. Disini saya menggunakan software Ice Screen Recorder. Selain fiturnya lengkap ia juga mudah untuk digunakan.



5. Video Slideshow

Di video slideshow kita hanya perlu menampilkan foto/video. Foto tersebut disusun lalu disajikan dalam bentuk video. Bisa juga dilengkapi dengan musik pendukung ataupun rekaman suara. Untuk melihat contoh contoh video slideshow kamu bisa lakukan pencarian dengan kata kunci "example of slideshow videos".

    Kamu juga bisa kok mengemas video dalam bentuk slideshow. Misal kamu mau bikin video tentang profil pemain sepak bola. Nah kamu bisa kumpulkan foto dan video tentang si pemain. Selanjutnya foto dan video tadi kamu susun, tambahkan musik lalu kamu mulai bercerita. Ceritanya bisa disampaikan dalam bentuk tulisan divideo atau bisa juga pakai rekaman suaramu.

6. Video animasi

Jenis video berikutnya adalah video-video animasi. Bloop Animation, dalam salah satu videonya menjelaskan bahwa da lima tipe animasi. Lima tipe tersebut yaitu :
  • Animasi tradisional
  • Animasi 2D
  • Animasi komputer
  • Motion graphics
  • dan Stop motion
Sebagian youtuber juga kerap mengemas video dalam bentuk animasi. Keunggulan video berjenis animasi adalah kemasan videonya yang menarik dan penuh ilustrasi alhasil penonon lebih mudah untuk memahami informasi yang disampaikan oleh sipembuat video.

Kalian bisa menggunakan aplikasi seperti Adobe flash, Macromedia flash, dan masih banyak lagi.
Baca juga :

7. Mencari ide menggunakan alat

Apabila kalian sudah mentok dalam mencari ide, kalian bisa menggunakan 3 tools berikut ini :

  1. Google trend : Bisa kita pakai untuk mencari tahu apa saja yang sedang terjadi tren di pencarian Google. Sederhananya kamu bisa tahu apasih yang lagi dicari para pengguna internet.
  2. Google Keyword Planner : Nah, kalau yang ini akan kita gunakan untu riset kata kunci. Dengan memakai tools ini kita bisa tahu kira-kira kalau orang memakai google, mereka memakai kata kunci apa aja sih.
  3. Socialblade.com  dan Statfire.com : Dua situs ini bisa kita pakai untuk "memata-matai" suatu channel youtube dengan memakai bantuan tools ini, kita bisa mendapatkan ispirasi atau ide dari channel youtube lain.

Sekian yang dapat saya share pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua, jangan lupa kommen dibawah kalo ada yang perlu ditanyakan.

Post a Comment

0 Comments