Penjelasan Search Engine - Cara Kerja Google??



Pengertian search Engine


Search engine adalah sebuah mesing pencari segala macam hal baik itu informasi, berita, pengetahuan, dan lain sebagainya yang dapat membantu kita dalam memenuhi kebutuhan yang kita inginkan. Selain itu dengan search engine sangat mempermudah pekerjaan anda karena anda dapat mencari topik yang relevas sesuai dengan pekerjaan anda.

Search engine memiliki banyak sekali manfaatnya, salah satunya sebagai berikut :


  1. Memudahkan kita dalam mencari alamat website.
  2. Tempatnya informasi, berita, pengetahuan.
  3. Memudahkan kita untuk browsing.
  4. Fitur bahasa yang lengkap dan mudah digunakan.
  5. Sumber mata pencaharian.


Cara Kerja


Lalu bagaimana ya cara kerja search engine pada google?? kan ada banyak sekali halaman website? jutaan?


Crawling

Oke, cara pertama yaitu Crawling. Setiap search engine pasti memiliki sebuah software crawler, terkadang disebut sebagai laba-laba(spider), bot atau robot. Crawling itu sendiri adalah sebuah teknik untuk membaca sebuah halaman website serta melacak dan menemukan sebuah link. Tugasnya adalah menelusuri link secara mendalam dari awal website tersebut.
Google mempunyai sebuah sistem robot yang canggih yang biasa disebut dengan googlebot, dimana ia mampu menelusuri sebuah website dari satu link tautan ke tautan yang lain, seperti halnya jaring pada laba-laba.

Ketika kita mengetikkan keyword ke mesin pencari google, maka ia akan secara langsung menelusuri ke semua database yang sangat besar. serta mengambil informasi yang kita inginkan sesuai website tersebut.



Indexing

Setiap crawler menemukan sebuah konten dalam website maka ia akan melakukan rendering atau mencatat aspek-aspek penting yang terdapat pada konten tersebut dari kata kunci hingga update situs dan google tetap melacak semuanya di index penelusuran.

Google akan selalu berusaha untuk selalu mencocokkan setiap kata kunci agar dapat dipahami oleh semua orang, tempat, dan segala hal yang orang-orang cari.



Algoritma Search Engine

Algoritma merupakan sebuah prosedur pengerjaan yang dilakukan secara tersusun atau terstruktur. Dalam hal ini yang di maksud adalah algoritma dari mesin pencari it sendiri. Setiap pemrosesan, perhitungan data dan penalaran otomatis yang digunakan oleh google merupakan hal yang sangat luar biasa.

Seperti yang dijejlaskan dalam laman google bahwa google bot menggunakan proses algoritmik yaitu program komputer yang menggunakan nama situs yang harus di telusuri beberapa sering, dan sebanyak apa laman yang diambil dari sebuah situs.



Retrieval dan Ranking

Retrieval merupakan sebuah proses permintaan yang dilakukan oleh pengguna untuk google dalam searc engine yang nantinya akan memberikan sebuah informasi mengenai sebuah website relevan yang dituju oleh pengguna. Setiap search engine memiliki algoritma tersendiri untuk menemukan sebuah website yang relevan atau cocok untuk permintaan pengguna.

Sekian yang dapat saya share pada kesempatan kali ini semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.


*Untuk download di pintukos, hindari menggunakan UCbrowser, karena bisa jadi link download bisa error.

Post a Comment

0 Comments