Cara membuat daftar pustaka dengan mendeley

Apa itu Mendeley?

Pintukos - Dalam melakukan sebuah penelitian atau KTI pasti kita membutuhkan sebuah referensi atau acuan untuk memperkuat argumen yang kita tuangkan dalam bentuk pernyataan untuk menghasilkan sebuah informasi yang akurat.

Tujuan dari adanya referensi itu sendiri adalah untuk menghindari terjadinya plagiarisme terhadap karya orang lain yang kita kutip. Selain itu, referensi juga bisa menjadi sumber ide atau gagasan dari penelitian kita.

Penulisan dari sumber referensi bermacam-macam. Salah satunya yaitu dalam bentuk Daftar Pustaka. Namun banyak orang yang meremehkan penulisan dari daftar pustaka, sehingga banyak yang salah dan tidak tahu cara penulisannya yang benar.

Pasti kalian akan browsing setiap membuat daftar pustaka bukan? kemungkinan besar karena lupa, iya tidak? Namun ada juga yang menghafal aturan daftar pustaka dengan singkatan "NATAJUKOBIT", kepanjangan dari nama penulis, tahun terbit, judul penelitian, kota, dan penerbit.

Apa saja kegunaan mendeley?

Untuk memberikan solusi kepada para peneliti, maka Elsevier membuat sebuah perangkat lunak yaitu Mendeley. Sebuah perangkat lunak yang duat khusus untuk mengelola, membagi, dan mencari karya tulis ilmiah. Mendeley tersedia dalam berbagai platform seperti web, dekstop, dan aplikasi. Mendeley dapat terintegrasi dengan perorangan maupun kelompok dalam pengerjaan sebuah penelitian. Lalu apa saja kegunaan dari mendeley itu ya guys? ini dia.

1. Mengekstrak otomatis detail dokumen

Dengan mengupload dokumen ke database mendeley, maka kita tidak perlu lagi mencari sumber atau inti dari dokumen tersebut. Karena mendeley secara otomatis telah membagi dokumen tersebut menjadi bagian-bagian yang mudah untuk kita pelajari. seperti bagian judul, abstrack, author, tahun, dan lain sebagainya.

2. Asisten pribadi dalam pengelolaan KTI

Ketika anda membaca sebuah KTI yang ada di internet, kemungkinan kita akan lupa situs yang pernah kita kunjungi mengenai penelitian tersebut. Dengan mendeley kita dapat menyimpan kedalam database agar suatu saat apabila kita membutuhkan KTI itu lagi, kita tinggal mencari berdasarkan keyword maupun judul nya dengan mudah.

3. Kerja Bersama

Dalam menjalankan sebuah proyek penelitian, kita bisa mengerjakannya secara perkelompok dengan membagikan maupun menyinkronkan dengan orang lain dalam tim kita. Cara kerja dari sistem ini hampir sama dengan github.

4. Backup Perpustakaan

Mendeley dapat dikatakan sebagai perpustakaan berjalan. Karena kita dapat menyimpan file referensi kita ke library database mendeley. Sehingga kita kita memiliki back up dari referensi karya penelitian kita. Semua file dapat diunduh di web mendeley meskipun kita menggunakan dekstop.

Bagaimana Cara menggunakan Mendeley?

Cara menggunakan mendeley cukup mudah. perhatikan langkah-langkah dibawah ini jangan sampai kelewat ya guys.
1. Install aplikasinya terlebih dahulu. Jika belum memiliki silahkan download di Sini 

2. Buka aplikasinya lalu buat folder baru. Beri nama sesuai dengan referensi penelitian anda. Disini saya membuat file dengan nama Referensi.
3. Upload file dapat berupa pdf, word ke dalam mendeley dekstop. Anda bisa drag and drop secara langsung.


4. Sambungkan Mendeley dengan word. Caranya yaitu pilih menu Tool - Install plugin word, lalu tunggu hhingga selesai. Kita bisa membuka file pdf yang kita upload ke mendeley dengan klik 2x. Ektraksi dokumen dapat kalian rubah jika ada yang tidak cocok.



 5. Pilih model daftar pustaka yang kalian inginkan sesuai standard. Disini saya menggunakan Havard.
6. Masuk ke word kalian masing-masing. Pilih menu References - Style untuk mengubah model sitasi melalui word. lalu klik Insert Bibliography untuk menempatkan daftar pustaka.


7. Untuk membuat sitasi, klik insert citation, lalu cari file pdf yang ingin di sitasi. file tersebut bisa dalam bentuk jurnal, KTI, dsb.


8. Selesai, maka daftar pustaka akan secara otomatis terintegrasi.

Itu tadi cara membuat daftar pustaka dengan mendeley dekstop. semoga dapat membantu anda dalam mengerjakan tugas, kti, penelitian, skripsi, tugas akhir dan lain sebagainya. jika ingin ada yang ditanyakan, silahkan komen di bawah.

Download Juga :
Download Photoscape 3.7 Full Version Untuk Windows 10
Download Gratis Adobe Flash CS6 Professional Full Version
Download Wondershare Filmora 8.5.2.1 x64 Full Keygen
Download AVS Video Editor 7.2.1 Full Crack Gratis

Post a Comment

0 Comments