14+ Software Desain Grafis Terbaik dan terpopuler Rekomendasi 2019


14+ Software Desain Grafis Terbaik dan terpopuler Rekomendasi 2019

Pintukos - Perkembangan dunia teknologi memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi, apalagi bila kita memasuki dunia multimedia yang erat kaitannya dengan desain grafis.

Desain grafis merupakan suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar/citra untuk membuat informasi atau pesan se-efektif mungkin. Desain grafis itu sendiri merupakan sub dari seni desain yang diimplementasikan dalam bentuk data visual. Seni yang dimaksud antara lain tipografi, ilustrasi, pengolahan gambar, dan lain-lain.


Untuk membuat sebuah desain kita bisa menggunakan komputer atau laptop.

Berbicara masalah desain tentu kita membutuhkan sebuah tools yang dapat membantu kita dalam membuat model grafis yang kita inginkan. Yap, tools tersebut adalah software yang dapat melakukan manipulasi terhadap gambar. Setiap software memiliki beragam fungsi dan kegunaan masing-masing.

Terdapat banyak software desain grafis yang bisa anda gunakan. Namun berikut ini merupakan 14+ software desain grafis terbaik yang saya rekomendasikan untuk anda semua.


1. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop

Software desain grafis pertama yang saya rekomendasikan yaitu photoshop. Adobe photoshop merupakan software desain yang sangat populer tidak hanya di kalangan masyarakat Indonesia saja bahkan dunia pun mengakui bahwa Adobe photoshop merupakan software desain terbaik untuk urusan pengolahan gambar dalam bentuk bitmap dan vektor. 

Software ini memiliki banyak perlatan desain yang bisa digunakan yang sangat berguna untuk mengoreksi atau memanipulasi photo. Di versi terbarunya, adobe photoshop tidak hanya bisa editing photo saja, bahkan video pun bisa. 

Library yang disediakan sangat banyak sehingga kita tidak perlu bingung untuk membuat efek gambar yang kita inginkan. Fitur filternya mudah untuk digunakan bahkan dapat memberikan efek tekstur dan material yang beragam.


2. Corel Draw

Corel Draw

Rekomendasi kedua dari pintukos yaitu Corel Draw. Corel Draw merupakan software yang dibuat oleh perusahaan Corel yang dapat membantu dan memudahkan anda dalam pembuatan desain grafis vektor tanpa batas yang sangat populer digunakan pada saat ini.

Seorang web designer maupun graphic designer, Coreldraw merupakan aplikasi yang sangat cocok untuk anda. Tools yang disediakan juga sangat mudah untuk digunakan seperti Twirl, smear, repear, dan attract.

Corel draw memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh aplikasi lain, antara lain memiliki dukungan file import dan export yang banyak, serta merupakan aplikasi yang menjadi standard industri dan perusahaan.

3. Adobe Illustrator

Adobe Illustrator

Adobe Illustrator merupakan sebuah software desain grafis buatan Adobe dimana illustrator ini bisa dibilang sebagai coreldrawnya Adobe. Software yang satu saudara sama photoshop lebih mengolah pada data gambar dengan bentuk vektor.

Dengan software ini anda bisa dengan mudah membuat desain banner, pamflet, logo, poster dan lain sebagainya. karena tools touch type dan the free transform dapat membuat desain anda menjadi lebih perfect atau sempurna.

Sama halnya dengan coreldraw, Adobe illustrator ini juga sudah menjadi standard desain perusahaan. Jadi software ini sangat saya rekomendasikan bagi kalian yang ingin membuat desain yang baik untuk kebutuhan instansi ataupun organisasi.

4. Manga Studio

Manga Studio

Apa yang kalian pikirkan bila mendengan kata manga? yap, pasti kalian sudah pernah mendengar istilah anime, Sebuah animasi asal Jepang yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Lalu apa hubungannya dengan manga ya? Manga merupakan versi komik atau gambar dari tiap frame anime.

Manga studio merupakan sebuah software yang didesain khusus untuk pembuatan sebuah karakter dalam kartun sejenis manga dan komik. Tools yang dibuat pun sangat mendukung untuk pembuatan garis-garis seperti Line Art dan segala jenis pen khusus.

5. AAA Logo

AAA Logo

AAA Logo merupakan sebuah software yang dirancang khusus untuk kebutuhan dalam pembuatan sebuah desain logo secara praktis dan mudah digunakan bahkan untuk orang awam sekalipun. Software ini tersedia dalam versi Windows. dalam Software ini tersedia sebanyak 8000 template gambar yang bisa anda gunakan untuk mendukung model logo yang ingin anda buat.


6. Corel Photo Paint

Corel Photo Paint

Corel photo paint merupakan sebuah software desain grafis keluaran dari Corel yang satu keluarga dengan Corel draw dimana aplikasi ini hampir sama dengan photoshop, yaitu mengolah data berupa gambar atau lebih dalam bentuk bitmap.

Software ini banyak digunakan oleh fotografer profesional dan perusahaan iklan. Photo Paint sangat mudah untuk gunakan. Corel photo paint memiliki keunggulan dari pengolahan gambar background, background ini bisa di pariasikan seperti apa yang kita inginkan.

Selain itu Corel Photo paint memiliki efek yang bermacam-macam diantaranya texture, bagiannya seperti: brick wall,bubbles, canvas, cobblestone, elephan skin, etching, plastic, plaster wall, dan masih banyak lagi. Sehingga anda dapat mengolah gambar dengan beribu-ribu variasi.

7. Poste Razor

Poste razor

PosteRazor merupakan software gratis yang sangat bagus untuk membuat poster. Karena, dapat mempermudah anda dalam membuat poster atau billboard. Pada software ini, cara kerjanya yaitu dengan memotong gambar raster menjadi potongan-potongan, untuk kemudian dicetak dan dikumpulkan menjadi poster.

Ukuran halaman dan orientasi printer dimana poster akan dicetak, nantinya bisa Anda atur secara manual, atau terdapat pilihan yang tersedia secara default yaitu DIN A4, DIN A3, Hukum, Surat, Tabloid.

Untuk batas ukuran satu halaman adalah 5 meter (16,4 kaki). Dimana PosteRazor hadir dengan kemampuan cetak per raster. Anda bisa menyimpan poster ke dalam format PDF.

8. Macromedia Flash

Macromedia Flash

Macromedia Flash merupakan sebuah program software yang berfungsi untuk membuat animasi dua dimensi yang sangat handal dibandingkan dengan program lain. Kelebihan dari software ini adalah ukuran file hasil animasi yang kecil. Macromedia flash tidak hanya digunakan untuk membuat desain animasi melainkan juga digunakan membuat menu interaktif, dan membuat presentasi software.

Software ini sangat cocok bagi anda yang terjun di bidang animasi, dimana bisa diguanakan juga dalam kebutuhan periklanan, desain web dan lain sebagainya.

9. Inkspace

Software Inkspace

Inkscape adalah aplikasi alternatif yang bisa anda gunakan untuk membuat desain grafis berbasis vektor, dan desain grafis yang menggunakan format file SVG. Software desain tersedia dan dapat digunakan dalam berbagai platform yaitu pada Windows, Linux OS, dan Mac.

Software ini sangat saya rekomendasikan karena software ini bersifat opensource yang berarti gratis, software yang ringan, file bisa dibuka di web browser (compatible with browser) , mampu melakukan backup secara otomatis, serta file export yang bisa disesuaikan.

dengan versi portable dari inkspace, anda tidak perlu repot-repot menginstall. Karena anda bisa memindahkan file prtable nya dari pc satu ke pc yang lain. Selain itu fitur dari software ini juga sangat baik dan profesional. Ditambah lagi software ini sudah support dengan bahasa Indonesia.


10. Google Sketch Up

Google Sketch up

Sketchup merupakan software yang digunakan untuk membuat model 3D, namun juga dapat melakukan konversi gambar 2D menjadi 3D. Kegunaannya biasanya untuk membuat obyek 3D profesional. 

Fitur yang tersedia antara lain menggambar (drawing), efek dan tekstur. Dengannya, bisa membuat gambar 3D tanpa batas, termasuk untuk membuat desain arsitektur, map, blueprint dan lainnya.

Hal yang bagus, program ini kompatibel dengan layanan aplikasi Google Earth dan Google Maps, hal ini untuk memudahkan jika layanan aplikasi tersebut diperlukan dalam projek.

Program ini support format gambar JPG, PNG, TIF, BMP, SKP dan DEM. Untuk penyimpanan, supprt format PNG, JPG, SKP, BMP, TIF, DAE dan KMZ.

Terdapat fitur 3D Modelling, pengukuran yang akurat, solid tool, duplikasi data, dan banyak lainnya.

Pada bagian Analysis & Advanced Operations, tersedia fitur perangkat Kamera, pembuatan laporan, perhitungan area dan volume, pembuatan obyek dari foto, dll.

Sketchup Pro memberikan sangat banyak fitur yang lebih kompleks. Saat program ini masih dimiliki Google bisa digunakan secara gratis (saat itu namanya Google Sketchup), namun sekarang untuk memakai Sketchup Pro harus membayar $590 untuk bisa menggunakan versi pro (untuk memperoleh fitur lengkap).

Anda bisa menggunakan Sketchup Make yang merupakan versi lamanya, yang bisa Anda download secara gratis dari pihak ketiga.


11. ArchiCad

Software ArchiCad

ArchiCAD merupakan sebuah BIM CAD arsitektur perangkat lunak untuk Macintosh dan Windows dikembangkan oleh perusahaan Hongaria Graphisoft. Pembangunan dimulai pada tahun 1982 untuk Macintosh Apple asli. ArchiCAD diakui sebagai produk CAD pertama pada komputer pribadi mampu menciptakan baik 2D dan 3D gambar.

Kelebihan dari ArchiCad dibanding software lain yaitu cukup mudah dipelajari, gambar outpun dapat berupa 2 perspektif, yitu 2D dan 3D. Selain itu file output dari software ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai bahan pendukung anda saat melakukan presentasi.

12. Adobe Indesign

Adobe Inkdesign

Adobe InDesign merupakan software desktop publishing (DTP) yang diproduksi oleh Adobe Systems. Software adalah software desain grafis yang dapat digunakan untuk membuat poster, brosur, bahkan majalah atau buku. Sudah banyak sekali desainer dan artis yang menggunakan program ini sebagai software editing utama.

Berikut beberapa kelebihan dari Adobe Indesign :
  • Pada Adobe InDesign terdapat fasilitas yang digunakan untuk proses membuat objek gambar tampak blur.
  • Pada Adobe InDesign terdapat fasilitas Effect Photoshop (shadow, bevel, glow, dll).
  • Dapat Import dan menampilkan gambar transparant dengan sempurna.
  • Dapat menggambar ulang suatu LOGO, Object Atau Gambar.
  • Dapat import file dengan format pdf., ai., psd,. Jpg,. Doc,/docx.
  • Tersedia fasilitas untuk membuat tabel.
  • Dapat membuka file pmd.
  • Dapat dengan mudah convert ke format pdf. Dan masih banyak lagi kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh Adobe InDesign.

13. Macromedia Freehand

Macromedia Freehand

Macromedia Freehand merupakan sebuah software yang saya rekomendasikan untuk pembuatan desain banner, brosur, undangan, dan masih banyak lagi. Software yang masih menjadi bagian dari keluarga besar Adobe Corporation ini masih sangat terkenal dikalangan desainer karena fitur-fiturnya yang cukup lengkap dan mudah digunakan bagi para desainer.

Meski memililiki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan Corel Draw, software ini cenderung lebih mudah digunakan dimana pengguna juga bisa menyesuaikan tampilan antarmuka untuk mengatur ruang kerja sesuai dengan kebutuhan.


14. Ultimate Paint

Ultimate Paint
Ultimate paint memiliki fungsi dasar secara lengkap. Format gambar yang didukung untuk diedit yaitu PEG, GIF, PNG, BMP, PCX, AVI (hanya baca), TGA, WMF / EMF, ICO (hanya baca), IFF / LBM, WAPP.

15. Blender

Software Blender

Blender merupakan Software desain grafis yang bersifat open source yang membuat sebuah gambar dalam bentuk 3D. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video.
Baca juga : Download Software Blender 2.77a

Blender adalah salah satu program Modeling 3D dan Animation, tapi Blender mempunyai kelebihan sendiri dibandingkan program modeling 3D lainnya. Kelebihan yang dimiliki Blender adalah dapat membuat game tanpa menggunakan program tambahan lainnya, Karena Blender sudah memiliki Game Engine sendiri dan menggunakan Python sebagai bahasa pemograman yang lebih mudah ketimbang menggunakan C++,C, dll.

Berikut beberapa desain grafis yang bisa dibuat dengan menggunakan blender :
  • modeling,
  • UV unwrapping,
  • texturing,
  • rigging,
  • water simulations,
  • skinning,
  • animating,
  • rendering,
  • particle, 
  • simulations,
  • non-linear editing,
  • compositing,
  • membuat interactive 3D applications,
  • games.

Itu tadi 14+ Software desain grafis terbaik dan terpopuler rekomendasi 2019 yang dapat saya bagikan, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. bila ada yang ingin ditanyakan silahkan komen pada kolom komentar dibawah.

Terimakasih.

Baca juga :


*Untuk download di pintukos, hindari menggunakan UCbrowser, karena bisa jadi link download bisa error.

Post a Comment

0 Comments