7+ Kelebihan dan kekurangan Sony Vegas Pro (Software Editing Video) Terbaru 2019


5+ Kelebihan dan kekurangan Sony Vegas Pro (Software Editing Video) Terbaru 2019
Gambar1. Sony Vegas Pro 13

Pintukos - Sony Vegas Pro merupakan software yang digunakan untuk mengolah serta memanipulasi video dengan efek, transisi, filtrasi dan lain sebagainya agar menghasilkan video baru dengan bentuk yang diinginkan.

Sony Vegas Pro itu sendiri berupa paket software editing video untuk non-linear editing (NLE) yang dikeluarkan pertama kali oleh Sonic Foundry, dimana saat ini dikembangkan oleh Sony Creative Software. Awalnya sony vegas merupakan software editor audio, yang pada akhirnya berkembang menjadi satu NLE untuk video serta audio dari versus 2. 0.

Sony vegas sudah sangat populer di Idonesia, bahkan banyak youtuber yang memakai aplikasi ini. Pada kesempatan kali ini, pintukos akan membagikan sedikit info mengenai kelebihan dan kekurangan dari software Sony vegas ini. Yuk, simak terus artikel dibawah ini.


Kelebihan Software Sony Vegas Pro

Berikut adalah beberapa kelebihan dari software sony vegas pro yang bisa menjadi referensi anda dalam melakukan editing video.

1. Merupakan Software yang ringan
Software ini dapat kalian install dengan mudah karena tidak membutuhkan spesifikasi yang tinggi. Berikut adalah beberapa spesifikasi minimum untuk menjalankan software sony vegas ini.
  • Windows® 7, 8, or 8.1 operating system (64-bit)
  • 2GHz processor (multicore or multiprocessor CPU recommended for HD or stereoscopic 3D; 8 cores recommended for 4K)
  • 1 GB drive space for program installation
  • SSD or high-speed multi-disk RAID for 4K media
  • 4 GB RAM (8 GB recommended; 16 GB recommended for 4K)
  • OHCI-compatible IEEE-1394DV card (for DV and HDV capture and print-to-tape)
  • USB 2.0 connection (for importing from AVCHD, XDCAM EX, NXCAM, or DVD camcorders)
  • Windows-compatible sound card
  • DVD-ROM drive (for installation from a DVD only)
  • Supported CD-recordable drive (for CD burning only)
  • Supported DVD-recordable drive (for DVD burning only)
  • Supported BD-R/-RE drive (for Blu-ray Disc™ burning only)
  • GPU-accelerated video processing and rendering requires an OpenCL™-supported NVIDIA®, AMD/ATI™, or Intel® GPU with 512MB memory; 1GB for 4K.
  • Microsoft .NET Framework 4.0
  • Apple® QuickTime® 7.1.6 or later for reading and writing QuickTime files
  • Internet Connection (for Gracenote MusicID Service
2. Banyak pilihan format Render
Seperti yang terlihat pada gambar 2 dibawah ini. Sony vegas menyediakan berbagai format output video yang anda inginkan. Selain itu semua ukuran video jug bisa anda tentukan disini seperti 480p, 720p, dan 1080p. Adapun format yang didukung antara lain:
  • .Mp4
  • .Mkv
  • .aa3
  • .aif
  • .Avc
  • .Wmv
  • .Wma
  • dan masih banyak lagi.
Render as Sony vegas pro
Gambar 2. Render As

3. Fitur Transisi Yang Lengkap
Transition merupakan fitur animasi yang memberikan efek pada saat terjadi penggabungan video. Sama halnya seperti animasi pada microsoft powerpoint saat berganti slide. Salah satu transisi dalam sony vegas yaitu 3D blinds, Barn Door, Dissolve, Cross Effect, Iris, dan masih banyak lagi.

Transition Sony Vegas
Gambar 3. Transisi

4. Memiliki Efek Filter Video yang Banyak dan Gratis
Filter yang disajikan dalam sony vegas ini sangat banyak dan tentunya kita bisa menggunakannya secara gratis. Di dalam video fx ini terdapat beberapa filter menarik yang dapat anda gunakan antara lain brightness and contrast, Bump map, color correction, chroma blurr, color match dan lain sebagainya.
Video FX Sony Vegas
Gambar 4. Video FX
5. User Frendly (Mudah digunakan)
Bila anda seorang pemula dalam hal editing video, anda tidak perlu bingung maupun gelisah. Karena sony vegas ini di rancang khusus dengan desain interface yang user friendly atau mudah untuk digunakan. Karena disamping fitur yang lengkap, menu nya pun tersusun secara rapi.

Selain itu, penempatan grid tiap fitur juga membuat mata kita bisa dengan mudah terfokus untuk mengolah video yang kita buat, sehingga anda pasti akan bentah berlama-lama untuk melakukan editing dengan software ini.

6. Memiliki Fitur Drag and Drop
Dengan adanya fitur drag and drop kita tidak perlu lagi melakukan copy paste atau pun import data (video, gambar, dan audio) melalui menu file - import. Kita hanya tinggal drag and drop file dari local komputer ke software secara langsung.

Selain itu fitur drag and drop dapat mempercepat proses kinerja kita dalam mengedit video. Sehingga tidak perlu waktu yang lama dalam mencari video yang ingin kita edit.

7. Bisa Upload ke Youtube Secara Langsung
Bila anda seorang youtuber, dan ingin mengupload file hasil video yang sudah anda edit ke youtube, dengan menggunakan software sony vegas ini, anda tidak perlu membuka browser lalu upload secara manual di youtube.com, karena kita tinggal klik menu file - upload to youtube.

Setelah itu akan muncul windows form yang berisi unsername dan password dari channel youtube anda. Lalu masukkan judul, deskripsi, kategori video anda, serta broadcast dan kualitas video anda. Lalu tekan upload untuk melakukan proses upload ke channel youtube anda.

Jika selesai, anda bisa langsung cek di browser, apakah sudah ter-upload apa belum.


Upload to Youtube Sony Vegas
Gambar 5. Upload to Youtube

Kekurangan Software Sony Vegas Pro

Berikut ini merupakan kekurangan dari software sony vegas pro 13. Dimana kekurangan dapat dilihat dari berbagai segi dan sudut pandang, baik dari dalam software itu sendiri maupun perbandingan dengan software lain yang serupa.

1. Fitur efek video tidak dapat diubah sesuai keinginan
Fitur efek filter dan transisi dalam sony vegas memang sangat banyak dan tersedia gratis untuk anda, namun anda tidak bisa diedit atau merubah nilai dari kedalaman (tingkat) efek tersebut. Berbeda dengan adobe premiere yang bisa mengatur effek video sesuai yang anda inginkan.
2. Review Video Sangat Kecil
Review video merupakan sebuah tampilan yang memperlihatkan hasil sementara editing video yang kita buat sebelum dilakukan proses rendering. Di dalam software sony vegas ini, ukuran review video terkesan sangat kecil, anda akan merasa kurang saat memonitor video anda. Sehingga video akan agak susah untuk diedit.

3. Efek Standard
Meskipun fitur efek yang ada pada sony vegas sangat banyak, namun efek tersebut masih standard. Artinya dibutuhkan plugin tambahan bila kita ingin menambahkan efek yang lain.

4. Memerlukan Aplikasi Apple Quick Time 7
Aplikasi Apple Quick time ini berfungsi agar dapat memasukkan video dengan format tertentu ke vegas pro untuk diedit. Jadi, misalnya anda mendapatkan error seperti tidak dapat memasukkan video ke vegas pro, itu berarti di pc anda belum terinstal Apple Quick time 7.

Itu tadi 5+ kelebihan dan kekurangan dari software sony vegas yang dapat saya share. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Bila ada yang ingin ditanyakan silahkan komen pada kolom komentar di bawah. dan jangan lupa like fans page kami pada link sosmed diatas ^_^.

Terimakasih.


*Untuk download di pintukos, hindari menggunakan UCbrowser, karena bisa jadi link download bisa error.

Post a Comment

1 Comments