Apa maksud dari blog gado-gado? Berikut perbedaan niche dan gado-gado




niche dan gado-gado
niche blog


Pintukos - Sebagai seorang blogger, kita pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya niche blog. Yap, setiap blog pasti memilikinya sebagai bahan referensi untuk pembuatan konten atau artikel dari isi blognya.

Selain niche, ada juga yang namanya gado-gado, wah jadi tambah laper yakan 😂. Apa yang kalian pikirkan ketika mendengar kata tersebut ya? 

Lalu apa itu niche blog dan apa hubungannya dengan gado-gado? Simak artikel dibawah ini agar sobat mengetahui gambaran dari perbedaan keduanya.

Apa itu niche

Niche berasal dari bahasa inggris yang berarti pekerjaan yang cocok atau disukai oleh seseorang. Jadi niche blog merupakan kegiatan menulis artikel yang membahas khusus pada topik tertentu atau bisa disebut sebagai genre.

Pastinya niche merupakan tema dari blog yang akan kita buat yang pastinya menjadi hobi kita atau hal yang kita sukai, sehingga kita tidak bingung menulis tentang apa. 
Seperti halnya dalam bermusik, niche bisa dibilang sebagai genre yang berbeda antar satu dengan yang lain. Ada genre rock, dangdut, reggae, dan lain sebagainya.

Dengan adanya niche, blog kita menjadi lebih terfokus dan memiliki ciri khas yang membuat blog kita memiliki identitas.

Apa itu blog gado-gado

Gado-gado merupakan makanan khas orang Indonesia dimana erat kaitannya dengan yang namanya kelontong. Yap, gado-gado merupakan makanan dengan berbagai macam campuran varian sayuran. Ada toge, sayur, tahu, tempe, lontong dan lain-lain.

 Jika dihubungkan dengan blog, maka blog gado-gado merupakan blog dengan niche campuran. Jika diibaratkan dalam toko, maka blog gado-gado merupakan toko setba ada. Dimana yang dibahas dalam blog ini tidak hanya satu arah melainkan lebih luas dan terbebas dalam pembuatannya.

Blog gado-gado biasanya digunakan untuk blog wisata, tutorial, travelling, blogging, bisnis dan lain-lain. Tentunya memberikan artikel yang dapat bermanfaat bagi orang lain.

Apa kelebihan dan kelemahan dari niche dan gado-gado

Blog yang memiliki niche tertentu memiliki point penting dalam mesin pencari google. Dimana google akan mengetahui secara langsung identitas dari blog kalian. Sehingga akan lebih mudah mencapai page one dalam mesin pencari.

Selain itu, kita akan terfokus untuk menulis artikel berdasarkan niche yang ingin kita buat. Kita akan senang dalam menulis karena niche yang kita buat berdasarkan hobi kita masing masing. 

Orang akan lebih mudah mengenal blog kita bila isi artikel kita dapat memberikan solusi dari permasalahan yang dimiliki oleh pembaca. Kelemahan dari blog niche yaitu karena tema yang kita gunakan sesuai dengan hobi atau topik tertentu saja, maka kita akan kesulitan mencari ide karena semakin lama ide akan semakin menyempit.

 Mungkin diawal-awal tidak begitu terasa, namun lama kelamaan blog dengan niche tertentu topik akan semakin mengerucut.

Sedangkan blog gado-gado akan lebih luas dalam mendapatkan ide, karena kita tidak terbatasi oleh topik tertentu. Namun blog gado-gado akan lebih sulit untuk bersaing karena konten yang disajikan tidak spesifik. Namun ada juga blog gado-gado yang sudah top. 

Pilih mana blog niche atau gado-gado

Jika ada yang bertanya mengenai pilih mana blog yang bertema atau blog campuran, maka jawaban yang tepat adalah sesuai dengan minat dan bakat (kayak indonesia mencari bakat aja hehe). Jangan terlalu memaksakan blog dengan tema yamg tidak kita inginkan. Jadikan blog sebagai hobi.

Bila anda ingin serius membuat blog, saya sarankan lebih ke blog dengan niche. Karena akan membuat blog anda memiliki identitas dan mudah dikenali oleh pengunjung. 

Namun bila anda ingin membuat sebuah website dengan tema bebas, atau tidak terikat, seperti blog pribadi, wisata, bisnis dan sebagainya gunakan blog gado-gado. Tentunya balik lagi sama tujuan anda membuat blog.

Sekian yang dapat saya share pada kesempatan kali ini. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian yang ingin membuat blog baru, dan bisa menjadi pandangan kedepan. Bila ada yang ingin ditanyakan silahkan corat coren pada kolom komentar dibawah.

Terimakasih.


*Untuk download di pintukos, hindari menggunakan UCbrowser, karena bisa jadi link download bisa error.

Post a Comment

5 Comments

  1. Pilih gado" sih soalnya lebih bebas buat nulis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh aja gan :D

      Terimakasih telah berkunjung :)

      Delete
  2. kalau saya lebih gado-gado gan. soalnya ada banyak ulasan yang bisa kita tulis
    Inspiralifes

    ReplyDelete