Inilah 8 Genre Game yang Jarang Diketahui Orang (FPS, TPS, RPG, RTS, MMORPG, MOBA)


Perkembangan dunia teknologi pada jaman sekarang ini semakin canggih. Begitu juga dengan eksistensi dari dunia game atau permainan. Dulu game hanya dimainkan dalam bentuk konsol, sekarang sudah bisa dimainkan dalam platform apapun. Seperti PC, Mobile, Web, Tv, dan lainnya.

Game atau permainan memiliki aturan tertentu yang dapat membuat player menjadi ketagihan untuk mamainkannya. Game selalu dikemas dengan tampilan yang menarik dengan desain interface yang bagus dengan tujuan agar player menjadi nyaman yang erat kaitannya dengan human friendly.

Sekarang game sudah luar biasa perkembangannya, kualitas gameplay sudah hampir menyerupai dunia nyata. Sistem Artificial Intelligence yang ditanamkan pada bot membuat permainan menjadi semakin tampak canggih karena bisa mengikuti perilaku manusia pada umumnya.

Namun apakah kalian tau bahwa game juga memiliki berbagai genre yang dibedakan berdasarkan cara bermain atau gameplaynya?

Kali ini saya mengulas beberapa genre yang ada pada game yang sering kita mainkan. Langsung saja...


FPS (First Person Shooter)

Game genre first person shooter (FPS)
Gambar 1. Game genre first person shooter (FPS)

FPS atau Singkatan dari first person shooter merupakan sebuah game dengan sudut pandang orang pertama dimana kita memainkannya secara personal dengan mensimulasikan apa yang dilihat melalui mata karakter yang dimainkan. FPS mungkin sudah tidak asing lagi bagi gamer yang suka dengan permainan shooting (tembak menembak). 

Game dengan genre shooting ini biasanya memiliki tampilan dari pergerakan tangan kita, tentunya dengan membawa senjata untuk mengeksekusi lawan. Senjata tersebut antara lain Senjata api, sniper, pisau, tombak, dan lain sebagainya.

Game fps sudah banyak sekali yang diterapkan seperti pada counterstike, point blank, call of duty, resident evil, battle field, kill zone, dan masih banyak lagi.


TPS (Third Person Shooter)

Game genre TPS (third person shooter)
Gambar 2. Game genre TPS (third person shooter)
TPS atau singkatan dari third person shooter merupakan game dengan genre yang hampir sama dengan FPS, perbedaannya yaitu bila fps melihat dari sudut pandang orang pertama, maka tps lebih pada orang ketiga. Maksudnya kita dapat melihat keseluruhan karakter dari berbagai sudut atau belakang panggung.

Game yang bergenre tps dapat memainkannya dengan bergerak ke kanan dan ke kiri dengan posisi membelakangi karakter yang dimainkan. Contoh dari game ini antara lain PUBG, Frontline Commando, Dark Soul, Assasin creed, dan masih banyak lagi.


RPG (Role Playing Game)

Gambar 3. Game genre RPG (role playing game)
Gambar 3. Game genre RPG (role playing game)

RPG atau Role Playing Game merupakan permainan yang memainkan sebuah tokoh atau karakter khayalan dimana setiap tokoh memiliki ciri khas masing-masing dengan skill yang berbeda-beda. Game RPG biasanya berbentuk petualangan ke sebuah dungeon atau tempat yang terdapat monster dengan level tertentu.

Uniknya game RPG biasanya tidak mengenal kata tamat atau akhir, karena dalam game ini kita terus melakukan upgrade costumize untuk pemperkuat karakter. Misalnya upgrade skill, senjata, mencari uang, komunikasi dengan NPC (non playable player) dan lainnya.

RPG pada umumnya berbentuk sebuah cerita, dimana kita akan memainkan game ini sesuai dengan alur cerita yang dimainkan. Cerita yang diangkat pun bermacam-macam seperti legenda, mitos, dewa mitologi, khayalan, dan lainnya.

Contoh dari game RPG antara lain KOA, Skyrim, Thhe Witcher, God of War, Fallout, Dragon age Origin, Bio Shock dan masih banyak lagi.

Baca juga :


RTS (Real Time Strategy)

Game genre RTS (Real Time Strategy)
Gambar 4. Game genre RTS (Real Time Strategy)

RTS  atau Real Time Strategy merupakakan game yang dimainkan secara langsung dengan basic strategy antar pemain. Game ini biasanya bersifat turn base ataupun bisa dimainkan secara bersamaan yang berhubungan dengan human intelligence atau pertarungan antar manusia (biasanya dalam bentuk game online).

Pada game ini posisi sudut pandang pemain dalam bentuk mata elang atau mengkuti karakter dari atas papan permainan. Kita dapat menggerakkan sebuah unit, membangun bangunan, menambah unit, mengeksekusi unit dan lain sebagainya. Game ini memiliki peta yang memudahkan pemain untuk melakukan ekspedisi suatu lokasi.

RTS bisa dikatakan sebagai game perang karena memainkan antar kelompok bukan individu. Game dengan RTS bisa dikatakan sebagai game MOBA atau singkatan dari multiplayer online battle arena. Adapu contoh dari game ini antar lain Dota, league of legend, mobile legend dan lain-lain.

MMORPG (Massively Multiplayer Online Role Player Game)

Game genre MMORPG
Gambar 5. Game genre MMORPG

MMORPG merupakan game yang dapat diakses oleh dunia secara massal yang dimainkan secara online. MMORPG memang sub dari RPG yang sama-sama memerankan seorang tokoh dalam game yang kemudian mengikuti jalan cerita atau quest untuk menaikkan level dalam games.

Jadi setiap pemain akan dihubungkan kedalam satu server agar dapat berinteraksi dengan player lain untuk bermain bersama, mendapatkan reward, mengalahkan moster dan lain sebagainya. Contoh dari MMORPG antara lain Dragon nest, guild Wars, Eve Online dan lain sebagainya.


MOBA (Multiplayer Online Batle Arena)

Game genre MOBA (Multiplayer online battle arena)
Gambar 6. Game genre MOBA (Multiplayer online battle arena)

Pada akhir tahun ini game MOBA merupakan game yang sangat populer bahkan sempat booming di berbagai media sosial. Game MOBA merupakan game yang berbentuk sebuah arena pertarungan antar player secara berkelompok atau tim dengan tujuan untuk menghancurkan inhibitor atau tower dari base lawan.

Game ini bersifat strategi dengan masing-masing pemain dalam tim langsung berhadapan dalam sebuah ronde pertarungan yang sengit. Contoh dari game ini antara lain Mobile Legend, AOV, DOTA, League Of Legend, dan masih banyak lagi.


Sand Box

Game genre Sanbox
Gambar 7. Game genre Sanbox

Sand box merupakan game yang bersetting atau berlokasi di suatu tempat dengan gameplay yang dimainkan bersifat bebas. Game ini berupa permainan petualangan pada suatu map yang telah disediakan dan kita bebas menjalankannya tanpa loading ketika berpindah ke suatu daerah.

Game-game seperti ini biasanya banyak sekali peminatnya apabila kita disuguhkan dengan yang namanya "kebebasan". Contoh dari game ini antara lain GTA, Saint Row, Sleeping Dogs.

Hybrid

Game genre Hybrid
Gambar 8. Game genre Hybrid

Hybrid merupakan game yang melebihi genre lebih dari satu. Game ini terkesan cukup unik karena dapat mengkombinasikan 3 genre sekaligus seperti RPG, FPS dan MMORPG. Game ini cukup bagus yang dapat menggugah selera kalian pecinta game. 

Contoh dari game ini antara lain Fallen Eart, Planetside, Warshift.

Itu tadi 8 genre dari game yang saya ketahui. Sekarang kalian tidak bingung kan permainan yang sedang anda tekuni itu bergenre apa. Tentunya dengan mengetahui genre diatas semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua. Bila ada yang ingin disampaikan silahkan komen pada kolom komentar dibawah.

Terimakasih. 


*Untuk download di pintukos, hindari menggunakan UCbrowser, karena bisa jadi link download bisa error.

Post a Comment

2 Comments