Inilah 7+ Kelebihan dan Kekurangan Android Pie Terbaru 2019

Android Pie

Pintukos - Android merupakan salah satu sistem operasi yang sangat digemari oleh seluruh masyarakat di dunia. OS yang melekat pada perangkat mobile ini sangat mudah untuk digunakan dan dipelajari. Kini Android memiliki 9 versi semenjak pertama kali di rilis yaitu Cupcake(1.5).


Android versi Pie ini pertama kali diluncurkan oleh pihak google pada versi pertama yaitu OS Android v9.0 P, selain memberikannya nama resmi yakni Android Pie dan nomor versi. Edisi baru OS paling populer di dunia ini secara resmi disebut dengan OS Android v9.0 Pie.


Setiap versi dari android pasti memiliki kelebihan dan kekurangan tidak terkecuali android Pie ini. Oleh karena itu, sebelum sobat memutuskan untuk meng - upgrade sistem operasi ke Android Pie, sebaiknya sobat mempertimbangkan terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan Android versi “Pie” ini.


Baca juga:

Berikut ulasan mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan android 9 versi Pie :

Kelebihan Android versi Pie

Versi terbaru android sangat ditunggu-tunggu kedatangannya. Fitur-fitur keren terbaru yang ada pada versi ini sontak membuat para penggemar android menjadi penasaran. Kira-kira apa saja ya keunggulan dari versi ini, yuk cekidot..

1. Adaptive Battery
Hal pertama yang menjadi keunggulan dari android pie ini adalah fitur AI-Powered ke perangkat yang kompatibel, salah satunya adalah pada battery. Setiap orang pasti menginginkan smartphone yang memiliki battery yang awet dan tahan lama seperti "hp nokia jadul" yang hidup sampai berhari-hari tanpa di charge hehe.

Adaptive battery menggunakan metode kecerdasan buatan (AI) yang merupakan teknologi untuk membantu menjadikan battery smartphone menjadi lebih canggih.


2. Fitur Pencegah Kecanduan
Kecanduan memang menjadi hal yang lumrah terjadi pada setiap pengguna android. Apalagi bila sudah bercengkrama dengan game. Wah, tangan serasa tidak mau lepas dari smartphone. Benar tidak?

Mendengar salah satu kelebihan ini anda pasti akan merasa heran. Bagaimana ya caranya mengatasi kecanduan yang kita alami ini. Nama dari fitur ini yaitu Fitur Digital Wellbeing, cara kerja fitur ini yaitu dengan memberikan peringatan kepada pengguna untuk beristirahat bila telah menggunakan smartphon secara berlebihan (overtime).

Fitur ini dapat anda lihat di android dashboard.



3. Sistem Keamanan Terjamin
Jika dibandingkan dengan versi sebelumnya, versi android pie ini memiliki keamanan yang lebih terjamin. Melihat perkembangan teknologi yang begitu pesat, proses transaksi penjualan saat ini sudah banyak dilakukan secara online. Sehingga dibutuhkan keamanan untuk melindungi privasi diri kita dari orang lain. Oleh dari itu, dibutuhan sebuah enkripsi yang baik untuk melakukan pertukaran data.

Setiap jaringan yang terkoneksi internet yang terhubung dengan Androin Pie ini, Mendapatkan alamat MAC secara acak untuk setiap jaringan yang diakses. Artinya Android Pie ini sangat memperhatikan keamanan dari kejahatan cyber.

Selain itu, Android versi ini juga membatasi hak akses dari kamera, microfon, dan sensor untuk mengantisipasi ponsel hilang. Sehingga anda bisa melacaknya lewat gmail.



4. App Action
Fitur dari Android Pie terbilang sangat canggih, termasuk App Action ini. Fitur ini akan mempermudah kita saat melakukan berbagai tugas yang sudah menjadi kebiasaan atau hal yang dilakukan setiap hari.

Misalnya, bila anda sudah terbiasa membaca atau menjalankan aplikasi tertentu setiap pagi, maka si Android Pie ini secara otomatis akan mengingatkan anda untuk membuka aplikasi tersebut setiap pagi. Bahkan anda bisa mengatur aplikasi apa saja yang menjadi pengingat anda untuk dimunculkan sebagai notifikasi.

5. Fitur Quick Text
Fitur Quick Text akan membantu kita untuk memilih beberapa teks dan menyalinnya untuk dibagikan dengan aplikasi lainnya. Fitur ini dapat Anda manfaatkan untuk beberapa aktivitas seperti menyalin nomor telepon, mencari alamat, menyalin hasil browsing dari Google dan yang lainnya, tanpa harus membuka tutup aplikasi secara bergantian.

6. Home Button seperti iPhone
Apabila anda pernah menggunakan iPhone pasti sudah tidak asing lagi dengan fitur ini. Fitur ini merupakan satu tombol yang diikuti dengan tombol lainnya (sweep) yang memudahkan anda dalam melakukan multitasking dengan Android Pie.

7. Dukungan Untuk north Smartphone
Notch smartphone pertama kali digunakan pada iPhone X dan essential phone yang kemudian diikuti oleh smartphone android lainnya. Notch smartphone menjadikan layar lebih lebar dan lebih unik. Hal ini lah yang menjadi daya tarik trend dari notch smartphone.

8. Tampilan Lebih Menarik
Desain tampilan pad android versi Pie ini jauh lebih menarik dari pad versi Oreo dimana lebih terlihat berwarna dan nyaman untuk dilihat. Salah satunya adalah pada ikon pengaturan di Android Pie yang lebih berwarna dengan desain pinggiran ikon yang melengkung. Animasi yang ditambahkan pada Android Pie membuatnya menjadi lebih menarik.

Kekurangan Android Versi Pie

Selain memiliki kelebihan, sisem operasi android versi pie ini ternyata juga memiliki kelemahan. Fitur-fitur yang disediakan memang sangat lengkap, namun ada beberapa hal yang terlewat yang membuat pengguna menjadi kurang puas. Beberapa kelemahan pada versi ini antara lain :

1. Kurang User Frendly
Jika dilihat dari segi desain, Android Pie memang lebih bagus dari sebelumnya. Namun banyak keluhan yang muncul dari pengguna pada bagian fungsi dan operasional dari fitur pada android Pie. Salah satu yang menjadi masalah adalah google memindahkan tombol pengaturan di notification shade dimana masih tidak familiar di mata pengguna

Tombol tersebut terkesan sangat ribet dimana anda harus menggeser ke bawah masuk quick setting lalu mengklik ikon pengaturan.

2. Pengguna Merasa Asing Dengan versi Terbaru ini
Bentuk desain Android Pie ini menggunakan interface mereka sendiri daripada menggunakan AOSP dan menambahkan beberapa firur lain. Hal ini membuat desain Android Pie masih terasa asing karena belum pernah dilihat oleh sebagian besar pengguna Android.

3. Tidak Dirilis Secara Merata
Android Pie diluncurkan pertama kali ke perangkat Google Pixel dan Android One. Sedangkan, untuk smartphone terkini lainnya seperti Samsung Galaxy S9 dan LG G7 ThinQ harus rela menunggu dalam jangka waktu tertentu.

4. Penggunaan Gesture (Sweep)
Penggunaan gesture (sweep) pada Android Pie dianggap tidak terlalu baik namun malah mempersulit navigasi smartphone. Meskipun mirip dengan iPhone, kontrol berbasis gesture pada Android Pie masih jauh dari kata “sempurna” dan cenderung malah menghambat pengguna.

5. Fitur Bawaan yang Tidak Dapat Berjalan Pada OS Android Pie
Kenyataan bahwa terjadinya desain ulang pada Android Pie belum pernah dilihat oleh sebagian besar pengguna Android. 

Alasannya, karena produsen ponsel pintar menggunakan antarmuka mereka sendiri di ponsel cerdas mereka, daripada menggunakan AOSP dan menambahkan beberapa fitur di atasnya, seperti yang dilakukan Motorola. Sehingga, banyak fungsi bawaan (default) yang kemudian tidak akan jalan di OS Android v9 Pie.


Fitur-fitur pada Android versi Pie

Setiap sistem operasi android pasti memiliki fitur yang berbeda-beda. Terlepas dari kelebihan dan kekurangannya yang sudah disebutkan diatas, sistem android versi 9 melakukan optimasi pada fitur-fitur yang disajikan. 

Adanya perbaikan bug juga dapat anda rasakan dengan menggunakan pengoperasian smartphone tersebut. Adapun fitur lengkap versi android pie bisa anda lihat seperti di bawah ini.
  • Smart reply
  • Desain mode gelap
  • Poni simulation
  • Editing untuk Screenshot
  • Digital Wellbeing
  • Fitur Lockdown
  • Navigasi dengan basis gestur
  • Kunci rotasi layar
  • Adaptive battery

Itu tadi kelebihan dan kekurangan Android versi Pie, semoga apa yang dapat membantu anda yang ingin membeli atau mengupgrade android versi ini. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komen pada kolom komentar dibawah dan jangan lupa like fanspage untuk men-supports kami :D.

Post a Comment

0 Comments