Kelebihan dan Kekurangan Processor AMD Terbaru 2019


Processor AMD

Apa itu Processor?

Pintukos - Processor adalah sebuah perangkat keras yang terdapat pada komputer yang berfungsi sebagai otak atau pusat pengendali komponen-komponen lainnya. Processor ini sering disebut sebagai CPU (Central Processing Unit) dimana mengolah dan memproses data input(masukan) kemudian menghasilkan output (keluaran).

Kecepatan eksekusi dari processor tergantung apalagi pada frekuensinya. Satuan dari kecepatan processor ini adalah MHz (Mega Hertz) atau GHz (1 Giga Heartz = 1000 Mega Hertz).

Processor ini terletak pada socket didalam motherboard komputer yang telah disediakan. Processor dapat diganti ke jenis versi/produk lainnya selama bentuk dan spesifikasi masih sesuai dengan socket yang ada. 

Bila anda ingin mengetahui lebih jelas mengenai processor silahkan baca definisi processor.

Artikel ini sangat penting bagi sobat yang ingin membeli laptop atau komputer baru. Sehingga kalian bisa tahu apa kelebihan dan kelemahan dari komponen penting dalam sebuah komputer tersebut. Artikel ini juga bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan juga. Oke tidak usah lama-lama basa basinya, berikut ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari processor AMD.


Kelebihan dari Processor AMD

Processor AMD memiliki beberapa kelebihan yang dapat menarik perhatian pembeli dengan berbagai teknologinya yang sangat canggih. Selain itu kelebihan inilah yang membuat para pembeli lebih memilih AMD dari pada intel. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari processor AMD :
  1. Hyper Transport Technology
    Merupakan sebuah teknologi yang melakukan penggandaan pada jalur bus system sehingga mampu mempercepat data yang sedang dikirim dalam satu waktu lebih banyak karena data bisa berjalan lebih cepat (Integrated Memory Cotroller).
  2. Cool & Quiet
    Teknologi yang mampu mengatur penggunaan power yang lebih efektif dan lebih fleksibel sehingga komputer bisa tetap dingin dan tidak akan terganggu kinerjanya ketika digunakan.
  3. Integrated Memory
    Dengan adanya Integrated Memory, processor dapat mengakses memori tanpa harus melewati northbridge terlebih dahulu. Sehingga kinerja dari processor untuk mengakses data didalam memori menjadi lebih cepat.
  4. Enchanced Virus Protection
    Setiap sistem pasti memiliki keamanan tersendiri untuk melindungi dari berbagai serangan berbahaya termasuk virus. AMD memiliki teknologi yang bisa membuat prosessor mendeteksi adanya virus kemudian melakukan eksekusi terhadap virus yang terdeteksi tersebut.
  5. AMD 64 Technology
    Processor AMD mampu berjalan dengan baik apabila digunakan untuk menjalankan semua aplikasi yang berbasis 64 bit.
  6. Unggul dalam Grafis
    Processor AMD sangat cocok untuk untuk bermain game karena memiliki tampilan grafis yang menarik dan memiliki kualitas yang tinggi.
  7. Harga lebih murah dibanding Intel
    Selain kelebihan dari segi teknologi yang saya sampaikan diatas, AMD memiliki harga yang lebih murah jika dibanding dengan Intel. 


Baca Juga : Definisi Processor Intel dan Jenis-Jenisnya 2019

Kelemahan dari Processor AMD

Sama halnya dengan processor pada umumnya, selain kelebihan diatas, AMD juga memiliki kelemahan yang harus anda ketahui. Berikut ini adalah beberapa kelemahan dari processor AMD:
  1. Processor Cepat Panas
    Apabila kita menggunakan processor AMD, maka kita akan merasakan suhu yang sering panas pada komputer kita. Hal ini bukanlah hal yang aneh, karena memang processor AMD ini sangat cepat panas walaupun sudah ada fan cooler, thermal paste, dan teknologi pendingin lainnya.
  2. Lemah Dari Segi Multimedia
    Processor AMD memang unggul dalam hal grafis yang mendukung untuk sebuah game. Namun apabila kita terjun dibidang multimedia, processor AMD masih kurang baik misalnya saat melakukan proses rendering. Pasti membutuhkan waktu yang sangat lama dibanding dengan processor Intel.
  3. Kalah dalam Hal Brand
    Processor AMD masih pada posisi kedua setelah Intel. Intel merupakan perusahaan pemasok processor terbesar didunia. Selain itu banyak orang yang memilih untuk membeli Intel dari pada AMD. Karena memang Intel sudah ada terlebih dulu dibanding dengan AMD. Padahal sebenarnya keduanya memiliki kualitas yang sangat bagus. 
  4. Tidak semua Game kompatibel dengan AMD
    AMD memang sangat cocok untuk game, namun ada beberapa game yang tidak cocok dengan processor ini. Sehingga banya gamer proffesional yang memilih Intel karena memiliki banyak dukungan game dari pada AMD.
Setiap processor memiliki kelebihan dan kekurangan. Banyak sekali jenis processor selain AMD dan Intel, semua tergantung dari kebutuhan kita masing-masing dalam menggunakan komputer.

Nah, itulah kelebihan dan kelemahan dari processor AMD yang dapat saya sampaikan. Semoga dapat bermanfaat bagi sobat yang ingin mencari laptop atau komputer yang menggunakan processor AMD ini. Apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan komen pada kolom komen dibawah. Jangan lupa like fanspage kami juga ya sob :D

Terimakasih.

Baca juga :



Referensi : Kelebihan dan kekurangan AMD


*Untuk download di pintukos, hindari menggunakan UCbrowser, karena bisa jadi link download bisa error.

Post a Comment

0 Comments