Pengertian Processor, Komponen, Jenis dan Fungsinya Lengkap


Pengertian Processor, Komponen, Jenis dan Fungsinya Lengkap

Apa itu Processor?

Pintukos - Berbicara masalah processor, pasti sobat sudah banyak mendengar tentang salah satu komponen utama pada komputer ini. Pada masa sekarang ini komputer bukanlah hal yang mewah lagi bahkan komputer ini merupakan teknologi yang sangat penting untuk membantu mempermudah pekerjaan manusia.

Sama halnya dengan manusia, komputer juga memiliki otak untuk mengatur seluruh pergerakan komponen lain. Processor sebagai pusat pengendali yang bekerja dan didukung oleh banyak komponen-komponen seperti mainboard, memori, I/O, serta komponen-komponen lainnya.

Processor ini berupa perangkat keras dimana seluruh data masukan (input) akan diolah dan diproses sehingga menghasilkan suatu hasil (output). Keberadaan processor ini sangat penting, tanpa adanya perangkat ini, komputer tidak akan berjalan sebagaimana mestinya.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai apa itu processor, simak terus artikel dibawah ini. jangan sampai kelewat ya hehe.

Pengertian Processor (Microprocessor)

Secara bahasa, processor berasal dari kata process dalam bahasa Inggris yang berarti proses atau pengolahan. Jika diartikan maka processor merupakan proses untuk mengolah suatu data.

Jadi, Processor adalah salah satu perangkat keras yang ada pada komputer yang memahami dan melaksanakan perintah berupa data dari perangkat lunak maupun perangkat keras. Procesor sendiri berperan sebagai pengolah dan penerjemah data yang di inputkan dari berbagai perangkat menjadi data output.

Processor (chip/mikroprosessor) sering disebut sebagai CPU (Central Processing Unit) atau juga disebut sebagai UPS (Unit Pemroses Sentral) yang merupakan mikroprosessor yang diproduksi dalam sirkuit terpadu.

Kecepatan eksekusi dari processor tergantung apalagi pada frekuensinya. Satuan dari kecepatan processor ini adalah MHz (Mega Hertz) atau GHz (1 Giga Heartz = 1000 Mega Hertz).

Dalam memproses dan mengolah sebuah data, processor membutuhkan perangkat keras input maupun output. Selain itu, juga membutuhkan komponen lain untuk mendukung kinerja dari processor itu sendiri seperti perangkat memori (Hardisk dan RAM).

Processor biasanya diletakkan pada socket yang telah disediakan didalam motherboard. Selain itu processor juga dapat diganti jenis-jenisnya yang lain selama spesifikasi dan ukuran masih sesuai dengan socket yang telah disediakan.


Komponen dari Processor (CPU)

Komponen-komponen berikut ini memiliki peran penting dalam melakukan pengolahan data pada processor. Komponen tersebut antara lain :
  1. Arithmatic Logical Unit (ALU) : Unit yang berfungsi untuk melakukan perhitungan aritmatika dan operasi logika berdasarkan instruksi yang diberikan. ALU sering disebut sebagai bahasa mesin karena memiliki dua bagian tugas yaitu unit aritmatika dan unit logika boolean.
  2. Control Unit (CU) : Merupakan unit yang mengatur jalannya program serta bertugas mengontrol komputer sehingga terjadi singkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya. Tugas dari CU ini antara lain :
    • Mengatur dan mengendalikan alat-alat masukan (input) dan keluaran (output).
    • Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
    • Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses.
    • Mengirim instruksi ke ALU jika ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika.
    • Mengawasi/monitoring kerja dari ALU.
    • Menyimpan hasil proses ke memori utama.
  3. Memory Unit (MU) atau Register : Sebagai alat penyimpanan dengan ukuran relatif kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi. Digunakan untuk menyimpan data atau instruksi yang sedang diproses. Memori dalam komputer sama halnya dengan ingatan pada otak manusia.
  4. CPU Interconnections : Sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU yaitu ALU, Control Unit, dan Memory Unit serta menghubungkan dengan sebuah sistem seperti memori utama, Input/Output.

Fungsi dari Processor

Pada umumnya processor memiliki fungsi untuk mengatur, memproses serta mengolah data dari perangkat input (masukan) menghasilkan output (keluaran). Berikut ini merupakan fungsi dasar dari processor yaitu:

  • Sebagai perangkat penerjemah data.
  • Pengatur kerja perangkat lain.
  • Merupakan pusat atau otak dari komputer.
  • Menentukan kinerja atau kecepatan dalam sebuah komputer.
  • Sebagai penghubung antar komponen.

Jenis-jenis Processor Berdasarkan Produknya

Processor merupakan bagian penting dalam sebuah komputer. Oleh karena itu banyak perusahaan besar yang berlomba-lomba untuk melakukan pengembangan terhadap perangkat satu ini. Berikut beberapa perusahaan yang menghasilkan produk processor terbaik dan sudah banyak digunakan oleh masyarakat dunia.
  1. Intel : Mungkin sobat sudah tidak asing lagi dengan processor merek intel ini. Processor ini merupakan produk multiprocessor yang dikembangkan oleh perusahaan Intel Corperation yang bermarkas di California, Amerika. Bila ingin mengetahui lebih jelas mengenai procesor ini silahkan baca : Definisi processor Intel dan jenis-jenisnya update 2019.
  2. AMD (Advanced Micro Devices) : Merupakan perusahaan semikonduktor multinasional yang bermarkas di Amerika Serikat. Processor ini merupakan processor terbesar kedua setelah intel yang berkembang di Indonesia. Processor ini sangat baik dalam hal grafis pada komputer. Bila ingin mengetahui lebih rinci tentang AMD silahkan baca : Definisi processor AMD dan tingkatan terbaik 2019.
  3. Processor Apple : Perusahaan Apple juga memproduksi processor mereka sendiri untuk kebutuhan setiap masing-masing produk. Jenis processor dari Apple antara lain : Apple I, Apple II, Apple DOS , Apple Pascal, Apple CP/M, Apple SOS, Apple ProDOS, dan Macintosh.
  4. Cyrix VIA : Merupakan perusahaan pengembang mikroprosessor yang berdiri pada tahun 1988, tepatnya di Richardson, Texas. Pada tahun 1997, perusahaan ini bergabung dengan national semiconductor yang kemudian diakuisisi oleh VIA pada tahun 1999. 
  5. Processor IBM (International Bussiness Machines) : Perusahaan ini bergerak di bidang perangkat keras maupun perangkat lunak komputer yang didirikan pada tahun 1911dan berpusat di New York, Amerika Serikat. Produk-produk keluaran dari IBM antara lain : 8008, 8080, 8088/8086sx, IBM486SLC2, Pentium Clasic, Pentium Pro,  dan masih banyak lagi hingga sekarang yaitu IBM POWER7.
  6. IDT (Integrated Devices Technology) : Merupakan processor dengan harga yang sangat murah dibanding dengan processor lainnya. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1980 yang berpusat di Jose, California, Amerika Serikat. IDT merupakan perusahaan pembuat processor WinChip.


Itu saja pengertian, jenis, dan fungsi dari processor yang saya ketahui. Semoga dapat bermanfaat untuk sobat yang ingin mengetahui lebih lengkap mengenai processor. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komen pada kolom komentar dibawah. Dan jangan lupa like fanspage kami ya :D

Terimakasih.

Baca juga:



*Untuk download di pintukos, hindari menggunakan UCbrowser, karena bisa jadi link download bisa error.

Post a Comment

2 Comments